Bila Vibrasi dan Radiasi Posnsel Bersarang Dikepala


phone_boxingalone1Belakangan muncul ponsel dan gadget yang menggunakan vibration speaker ,dengan mengadopsi teknologi bone conduction teknologi ini mamp untuk meningkatkan kualitas suara,cukup dengan menempelkan ponsel ke tubuh,misalkan pada bagian kepala.tapi yang menjadi pertanyaan apakah ini berbahayakah ???

Ponsel selalu menemani rutinitas kita sehari hari sebagian dari kita sering berlama lama berbicara dengan menempelkan ponsel ke daun telinga,namun sebagian lagi ada juga yang senang “senam” ibujari di atas permukaan keypad kata demikata ditulis dan dikirim lewat pesan singkat atau biasa dikenal dengan sms.dan ada juga yang biasa gemar lama lama menatap layar ponsel untuk sekedar maen game atau menjajali aplikasi populer seperti facebook im dsb.

Pernahakah bloger mendengar istilah SAR?? SAR adalah singkatan dari specific absorpastion rate ini adalah ukuran seberapa besar radiasi elektromagnetic yang diserap oleh selaput kepala ketika menggunakan ponsel,makin tinggi rasio yang ditunjukan makin besar pula radiasi yang diserap oleh tubuh.

Sebagai contoh di amerika ,federal comunications commission (FCC) menentukan batas tertinggi SAR adalah kurang lebih 1,6 W/kg,sementara untuk kawasan eropa Batasan SAR adalah 2 W/kg

Lalu bagai mana dengan negara indonesia ?? sepertinya belum ada ketentuan yang ditetapkan Ditjen Pos dan telekomunikasi terkait sepesifikasi ponsel yang menyangkut kesehatan dan keaamanan masyarakat.

Namun yang ada saat ini lebih banyak bermain pada pembatasan import,persaingan usaha,dan penggunaan merek dagang,dari ponsel yang akan dimasukan dan diedarkan di indonesia.belum menyangkut hal hal yang menyangkut public safety.

Bukan apa apa,meskipun masih menjadi polemik ,beberapa penelitian mengungkapkan bahwa radiasi ponsel cukup bisa membahayakan membahayakan tubuh manusia.

Ponsel menggunakan gelombang radio untuk mentransmisikan sinyal.Gelombang radio merupakan bagian dari spektrum elektro magnetik termasuk dalam sepektrum ini diantaranya microwafe,infra –red dan x-ray.

Spektrum tersebut dibagi kedalam beberapa keompok berdasarkan frequensi gelombangnya.satuanya adalah Hz,yang menunjukaan banyaknya gelombang yang muncul dalam 1 detik.semakin banyak gelombang dalam satu detiknya,yang berarti semakin besar kemungkinan membahayakan kesehatan

Frequnsi yang dipancarkan ponsel berada tepat pada batas antara gelombang radio microwave,sehingga emisi emisi frequensi ponsel lebih digolongkan sebagai microwave.

Dari sebuah penelitian yang dilakukan universitas lund,swedia beberapa waktu lalu terungkap bahwa radiasi yang dipancarkan ponsel dapat mempengaruhi fungsi enzim dan protein.

Penelitian yang dilakukan terhadap seekor tikus menunjukan terjadinya perubahan biokimia dalam darah tikus.terjadi penurunan protein albumin yang berfungsi dalam memasok aliran darah ke otak.

Tikus tikus ini,yang memiliki neureon dan sawar semacam filter darah otak serupa dengan manusia,selama 2 jam dipancarkan radiasi yang sama dengan radiasi yang dipancarkan ponsel.Setelah 50 hari,ditemukan banyak sel otak mati pada tikus yang dipancarkan radiasi level menengah dan tinggi.

Dengan ini operator ponsel dibanyak negara diwajibkan untuk mempublikasikan lisensi konstruksi ,sertipikasi level dan jaminan pemenuhan standar serta analisa dampak lingkungan agar tidak membahayakan kesehatan.

Artikel ini dibuat dari berbagai sumber dan salah satu media cetak semoga bermamfaat.

Tentang rukzolanganz

Saya adalah seorang anak manusia yang lahir sebagai masyarakat biasa,kehidupan saya sama halnya dengan kehidupan temen temen semua,mencari jati diri dan menjemput impian merupakan cita citaku saat ini.dan saya tidak akan pernah menyerah untuk meraih kesuksesan
Pos ini dipublikasikan di Teknologi dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s