Prajurit Internet


internet-conceptRouter (jaringan) ,ping,sambungan jaringan.

Di dukung oleh banyak orang

Untuk pertama kali nya dalam sejarah ,manusia dan teknologi bekerjasama mewujudkan impian.Kekuatan bersama yang tidak mengenal batas wilayah.tanpa melihat jenis bangsa,suku atau warna. Era baru dimana komunikasi dapat menyatukan manusia. Era itu disebut Era Internet.
Mau tau bagaimana prosesnya,klik tanda tersebut yang akan membawa kita menuju internet. Mau tau apa yang terjadi ketika anda meng-klik tanda tersebut,anda memulai serangkaian informasi. Informasi tersebut menuju kotak surat pribadimu dimana IP akan memaketnya,memberi label dan mengirimnya ketempat tujuan. Setiap paket dikecilkan ukurannya,kotak surat harus menentukan bagaimana membagi informasi tersebut dan memaketkannya. Paket tersebut membutuhkan label,yang berisi seperti alamat pengirim,alamat penerima dan apa isinya.

Karena paket tersebut akan keluar menuju ke internet,paket itu juga membutuhkan alamat proxy server yang memiliki fungsi khusus sebagai penunjuk jalannya. Paket sekarang berangkat menuju lokal area network (LAN). Jaringan ini di gunakan untuk semua lokal komputer,Router,dan lainnya untuk pertukaran informasi yang berada di dinding gedung. LAN merupakan jaringan yang terkontrol tapi terkadang kecelakaan dapat terjadi.Lalu lintas dalam LAN terdapat berbagai macam tipe paket seperti paket IP,paket nobel dan paket yang lainnya. Mereka bergerak dalam lalu lintas sesuai dengan jalur seperti biasanya. Router lokal melihat alamatnya dan kalau perlu mengangkat paket tersebut ke jaringan yang lain. Router(jaringan) simbol pengontrol dalam dunia sistematis. Liat lah cara kerjanya,sistematik, tegas, metodelogi,konservatif dan kadang-kadang salah, tapi paling tidak sebagian besar tepat. Pada saat paket keluar dari Router,mereka berada di internet perusahaan dan menuju saklar router. Saklar Router lebih efisien daripada Router memisahkan dengan tegas paket IP, seperti pada permainan pinball.

Pada saat paket tiba di tempat tujuan,dijemput oleh interface jaringan yang akan di kirim ke level selanjutnya yang dalam hal ini adalah Proxy. Proxy di gunakan oleh berbagai macam perusahaan diibaratkan sebagai perwakilan jaringan yang bertujuan untuk mengurangi beban koneksi dan sebagai alasan keamanan juga.Seperti yang dapat dilihat,paket memiliki ukurannya sendiri tergantung isinya. Proxy membuka paket dan melihat alamat WEB atau url. Tergantung dari alamatnya apakah dapat diterima,paket diteruskan ke internet. Tapi terkadang ada sebagian paket yang tidak membutuhkan persetujuan proxy misalnya sudah ada dalam settingannya,dalam hal ini paket tersebut langsung di hapus.Bagi paket yang lolos proxy,paket tersebut melanjutkan perjalannya nya kembali.

Berikutnya Firewall,firewall perusahaan mempunya 2 tujuan. Pertama, mencegah hal-hal yang berbahaya dari internet masuk ke dalam intranet dan juga untuk mencegah informasi sensitif dari intranet keluar ke internet. Setelah melewati firewall,router mengambil paket tersebut dan menaruhnya di tempat yang lebih sempit atau bandwith istilahnya. Tentu saja jalannya tidak cukup untuk semua paketnya. Anda tentu bertanya,apa yang terjadi pada paket yang tidak berhasil mencapai tujuan ? .Jika IP tidak menerima tanda bahwa paketnya telah di terima pada waktunya,ia akan mengirim kembali gantinya.

Sekarang kita telah siap memasuki dunia Internet. Dunia internet seperti jaring laba-laba yang berkembang luas di seluruh dunia yang terdiri dari Router dan switch yang menciptakan hubungan antara jaringan. Paket yang ada di internet ini berbeda dengan yang ada di dalam firewall yang terlindungi. Di internet kondisinya seperti berada di alam bebas,banyak tempat dan banyak kesempatan untuk mengeksplorasi. Hal ini berkat ada nya kontrol dan regulasi, banyak ide baru bermunculan. Tapi berkat kebebasan ini pula terdapat bahaya yang mengancam, kamu tidak akan tahu kapan akan menemui kematian. Paket dikirim mungkin menggunakan satelit,kabel telepon,kabel wireless ataupun sambungan di bawah laut yang tentu saja mengambil jarak yang tersingkat dan tercepat.Mungkin itulah sebabnya kadang-kadang disebut World Wide Web (www).

Di akhir perjalanan paket kita akan menemui firewall yang lain. Tergantung dari persfektif kita sebagai data paket .firewall bisa berupa polisi yang baik atau sebagai penjahat.itu semua tergantung dari niat dan tujuan kita. Firewall di rancang untuk mempersilahkan masuk paket yang sesuai dengan kriterianya. Yang di bagi kedalam beberapa port.Yang tidak sesuai,firewall akan menutup pintunya.

Port 25 di gunakan untuk paket email ( surat) ,sedangkan port 80 di gunakan untuk pintu masuk paket dari internet menuju ke webserver. Di dalam firewall ,paket diperiksa lebih dalam. Sebagian paket dapat melewati dengan lancar , yang lain agak lebih lambat. Petugas firewall tidak mudah untuk di tipu, seperti ketika ada paket yang menyamar sebagai paket normal,maka akan di hancurkan oleh petugas firewall.

Untuk paket yang beruntung selamat sampai saat ini,berarti perjalanan hampir berakhir. Paket tersebut tinggal menunggu untuk dibawa ke webserver. Dewasa ini webserver dapat berjalan pada apapun juga,seperti pada mainframe,pada webcam atau pada komputer di meja anda.ingat ini jaman internet.hampir tidak ada yang mustahil. Satu demi satu paket diterima dan di buka,informasi yang berada didalamnya yang di minta oleh anda akan di kirim ke aplikasi webserver. Paket itu sendiri akan di daur ulang dan siap akan di gunakan lagi untuk diisi informasi yang anda minta. Paket tersebut akan dikirim kembali melewati firewall,router, dan menuju internet. Kembali kepada firewall perusahaan dan kembali kepada interface anda .Siap menyediakan browser anda dengan informasi yang di butuhkan yaitu cerita ini

Mohon usahan menjadi dunia yang lebih baik, paket data menuju ke matahri terbenam mengetahui kalau tujuan nya telah tercapai. Bukankan ini akhir yang bagus

Tentang rukzolanganz

Saya adalah seorang anak manusia yang lahir sebagai masyarakat biasa,kehidupan saya sama halnya dengan kehidupan temen temen semua,mencari jati diri dan menjemput impian merupakan cita citaku saat ini.dan saya tidak akan pernah menyerah untuk meraih kesuksesan
Pos ini dipublikasikan di komposiana, Teknologi dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s