Jangan remehkan orang yang pendidikanya rendah…!!


Pendidikannya rendah bukan berarti ilmu yang dimilikinya rendah,yakni tidak ada salahnya dites dulu. Saya sangat prihatin dengan system penerimaan karyawan baru di jaman sekarang ini,dimana Ijazah terakhir menjadi patokan utama,dan yang lebih memprihatinkan adalah ijazah yang diterima serendah rendahnya D3 dengan IPK yang tinggi. Hal ini menjadi suatu pertanyaan bagi saya mengapa perusahaan memakai system seperti itu??,padahal belum tentu seorang yang berijazah D3 dengan IPK tinggi benar benar menguasai dalam bidangnya,dan saya perhatikan mahasiswa -mahasiswi jaman sekarang itu kebanyakan kuliahnya termasuk asal asalan. Saya sering sekali lewat ke kampus sekitar jalan Dipati ukur Bandung dan melihat para mahasiswa dengan santai bermain kartu remi di ruko ruko pinggir jalan sekitaran kampus.menurut saya ini hal yang aneh,kok mahasiswa kegiatanya seperti tukang ojek yah?? Kalo tidak percaya buktikan sendiri Dan ada lagi salah seorang teman saya dia lulusan di universitas swasta di bandung,mengambil jurusan computer.secara teori memang dia mengerti dengan apa yang dia pelajari,tetapi masalah praktek kok dia ngga bisa,dan untuk install ulang komputernya saja meminta bantuan saya.nah loh masa minta bantuan kepada saya,saya kan hanya lulusan SMA. Memang secara teori saya kurang begitu paham,akan tetapi saya belajar otodidak secara langsung dengan bantuan google, dan saya berani mengambil resiko apapun walaupun belum pernah saya pelajari sebelumnya sehingga dengan hal ini saya menambah ilmu baru dan mendapatkan pengalaman baru. Ada lagi temen saya yang berpendidikan hanya sampe SMP,akan tetapi ilmu pengetahuannya tentang elektronika dan listrik sangat luar biasa,dan sekarang dia sering membantu tetangganya apabila ada alat elektronika yang rusak dan juga yang ingin membuat/memperbaiki instalasi listrik. Menurut ketangan temen saya,dia belajar dengan cara memperhatikan tukang reparasi alat elektronik dekat rumahnya dan lalu ia mempraktekanya langsung di rumahnya,karna keseriusanya untuk belajar maka dalam kurun waktu hampir setahun dia sudah pandai dalam bidang elektronika. Disini Saya berpesan kepada temen temen yang sekarang beruntung meneruskan sekolahnya,agar memanfaatkan kesempatan ini,belajarlah dengan serius,karna yang saya tau untuk melanjutkan sekolah biayanya tidak sedikit,kasian sama orangtua kalian yang sudah berusaha keras agar dapat menyekolahkan kalian. Dan jangan takut untuk praktek,secara langsung masalah hasil jangan khawatir,mau berhasil apa ngga itu masalah yanti,yang penting kita sudah belajar dan mempunyai pengalaman baru yang sebelumnya belum kita lakukan. Saya sangat berharap sekali,buat Penerimaan tenaga kerja,agar memberikan kesempatan kepada mereka yang berpendidikan rendah akan tetapi mereka mampu dalam bidangnya untuk dipertimbangkan. Demikianlah sedikit catatan yang dapat saya ungkapkan dalam bentuk tulisan ini,mudah mudahan bermanfaat,khusunya buat saya pribadi,dan umumnya buat pembaca semuanya.

Tentang rukzolanganz

Saya adalah seorang anak manusia yang lahir sebagai masyarakat biasa,kehidupan saya sama halnya dengan kehidupan temen temen semua,mencari jati diri dan menjemput impian merupakan cita citaku saat ini.dan saya tidak akan pernah menyerah untuk meraih kesuksesan
Pos ini dipublikasikan di MUda-Mudi dan tag . Tandai permalink.

7 Balasan ke Jangan remehkan orang yang pendidikanya rendah…!!

  1. Blog Pemula berkata:

    Hmmm… Saya sangat setuju sekali dengan pendapat anda. karena orang yang mempunyai pendidikan rendah belum berarti dia tidak mempunyai skill yang luar biasa bukan. karena saya juga baru sadar, kalau mereka mempunyai skill yang sangat handal karena mereka terbiasa dengan pkerjaan yang dia kerjakan selama ini. atau bisa saja kita sebut sebagai orang yang beruntung.

  2. abunawass berkata:

    He he he….pinter juga kamu kritisi masalah pendidikan.kayaknya ada yang kurang memuaskan ea? Peace

  3. Agus Purwoko berkata:

    Salut buat anda, semoga jadi motifasi buat aku yang juga berpendidikan rendah ini!
    Salam!

  4. megha berkata:

    salut buat anda…bener bgt ttg artikel anda tu….smua na bener,,,,
    ini jg jd motivasi wat saya agar lebih berani ambil keputusan papun itu….tQ y ^_^

  5. baiti nur atika berkata:

    kereeen,,,,
    artikel anda bagus sekali….
    anda patut dapat penghargaan peduli pendidikan
    heeeeeheeeeeheeee

  6. rukzolanganz berkata:

    @all terimakasih atas kunjunganya dan masukanya,salam kenal yah

Tinggalkan Balasan

